Home » » Manfaat Buah & Biji Mengkudu

Manfaat Buah & Biji Mengkudu

Assalamu'alaikum wr wb
Pada kesempatan kali ini aku ingin share sebuah ilmu tentang manfaat buah dan biji mengkudu. Pada waktu kelas 3 SMA bersama teman-temanku, Aku telah melakukan riset tentang biji buah mengkudu yang aku kemas dalam bentuk Kopi Biji Buah Mengkudu.


Mengkudu adalah tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Mengkudu sebagai tanaman obat telah diakui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dimana mengkudu termasuk dalam 7 (tujuh) komoditi unggulan. Berikut ini kandungan-kandungan buah mengkudu beserta kegunaannya :
  1. Senyawa Terpanoid
    zat-zat terpenoid membantu tubuh dalam proses sintesa organik dan pemulihan sel-sel tubuh.
  2. Zat Anti-Bakteri
    kegunaannya untuk merawat penyakit infeksi kulit, pilek, demam dan berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri.
  3. Asam Askorbat
    asam askorbat yang ada di dalam buah Mengkudu adalah sumber vitamin C yang luar biasa. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang hebat.
  4. Nutrisi zat-zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh antara lain: karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral-mineral esensial juga tersedia dalam buah maupun daun Mengkudu. Selenium adalah salah satu contoh mineral yang banyak terdapat pada Mengkudu dan merupakan antioksidan yang hebat.
  5. Scopoletin
    Scopoletin berfungsi memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan dan melancarkan peredaran darah.
  6. Zat Anti-Kanker (Damnacanthal)
    Bersifat sebagai adaptogen, yaitu membantu sel abnormal untuk berfungsi secara normal kembali. Damnacanthal menghambat aliran darah yang menuju sel kanker sehingga sel abnormal tersebut tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang akhirnya sel tersebut (sakit) mati.
  7. Xeronine dan Proxeronine
    Xeronine berfungsi untuk mengaktifkan enzim-enzim dan mengatur fungsi protein di dalam sel. Proxeronine adalah sejenis asam koloid yang tidak mengandung gula, asam amino atau asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya dengan bobot molekul relatif besar, Apabila kita mengonsumsi proxeronine maka kadar xeronine di dalam tubuh akan meningkat.

Biji mengkudu mengandung lipid lebih sedikit dari pada tanaman lain yang biasa digunakan sebagai sumber minyak nabati. Walaupun demikian perlu dicatat bahwa minyak mengkudu mengandung banyak asam lemak tak jenuh, terutama asam linoleat dan asam oleat yang sekitar 75%. Sisanya sekitar 25% adalah asam-asam lemat jenuh, yaitu asam palmitat dan asam stearat.

Karena kandungan asam linoleatnya sangat tinggi lebih dari 50% dan dapat mencapai 63%, maka minyak mengkudu dapat dikatakan mengandung banyak asam lemat yang tergolong Omega 6. Omega 6 merupakan asam lemak yang baik untuk pembentukan asam Y-linoleat (GLA=Gamma Linoleic Acid) dalam tubuh baik untuk pencegahan atau pengobatan kram, rematik, sclerosis dan pendarahan yang berlebihan saat menstruasi.

Udah sekian dulu yaaa, yuk kita tengok hasil risetku dengan memanfaatkan biji buah mengkudu menjadi Kopi Biji Buah Mengkudu... ^_^

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.