Home » » TENTANG KOTAKU

TENTANG KOTAKU

Assalamu'alaikum wr wb
Situbondo adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur, kota ini terletak di daerah pesisir utara pulau Jawa, dikelilingi oleh perkebunan tebu, tembakau, hutan lindung Baluran dan lokasi usaha perikanan. Dengan letaknya yang strategis, di tengah jalur transportasi darat Jawa-Bali, kegiatan perekonomiannya tampak aktif. Situbondo mempunyai pelabuhan Panarukan yang terkenal sebagai ujung timur dari Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan di pulau Jawa yang dibangun oleh Daendels pada era kolonial Belanda.

Terdapat 2 pendapat yang mengatakan tentang asal nama Situbondo :
  • Dari nama seorang pangeran asal Madura yang bernama Aryo Gajah Situbondo, yang makamnya ditemukan di wilayah kota.
  • Berasal dari kata siti bondo, yang berarti tanah yang mengikat, untuk menegaskan bahwa daerah ini menarik setiap pendatang yang tiba untuk menetap di Situbondo.
Sejarah mengatakan, konon Situbondo pada zaman dahulu merupakan suatu situ atau danau besar. Pada zaman kejayaan kerajaan-kerajaan Jawa, Situbondo merupakan bagian dari konflik-konflik perebutan wilayah dan kekuasaan kerajaan Majapahit dengan kerajaan Blambangan, dan di daerah inilah diyakini perang Paregreg sebagai bagian dari kehancuran Majapahit terjadi.

Penduduk Situbondo berasal dari beragam suku, mayoritas berasal dari suku Jawa dan suku Madura. Pada tahun 1950 sampai 1970-an, kehidupan perekonomian kebanyakan ditunjang oleh industri gula dengan adanya 6 perkebunan dan pabrik gula di sekelilingnya, yaitu di Asembagus, Panji, Olean, Wringin Anom, Demas, dan Prajekan. Dengan surutnya industri gula pada tahun 1980 dan 1990-an, kegiatan perekonomian bergeser ke arah usaha perikanan. Usaha pembibitan dan pembesaran udang menjadi tumpuan masyarakat.

Mangga manalagi, gadung, dan arumanis dari Situbondo sangat terkenal dan banyak dicari oleh penggemar buah. Sampai saat ini potensi ekonomi dari perkebunan mangga tersebut masih ditangani secara industri rumah tangga, belum dalam skala industri perkebunan.

Beberapa potensi kekayaan alam lainnya masih "menganggur". Ditengarai kandungan minyak bumi di Kabupaten Situbondo (sekitar Olean) cukup melimpah. Masyarakat Situbondo menunggu investor untuk datang dan mengeksplorasi kekayaan alam yang sampai sekarang "masih tersembunyi".

Masyarakat Jawa Timur banyak mengenal Situbondo dari pantai Pasir Putih, suatu tempat rekreasi pantai yang berjarak kurang lebih 23 km di sebelah barat Situbondo. Pasir Putih terkenal dengan pantainya yang landai dan berpasir putih. pada tahun 1960 hingga 1970-an masih banyak habitat laut yang bisa ditemukan dipantai ini. Kuda laut dan batu karang cantik berwarna warni banyak dijual di akuarium penjual ikan hias setempat, namun kini makhluk tersebut tidak dapat ditemui lagi.

Wisata Alam & Bahari Situbondo
  • Taman Nasional Baluran
Klik Spoiler Berikut:

  • Savana Bekol
Klik Spoiler Berikut:
  • Goa Jepang
Klik Spoiler Berikut:

  • Pantai Papuma
Klik Spoiler Berikut:

  • Pantai Bama
Klik Spoiler Berikut:

  • Pantai Pasir Putih
Klik Spoiler Berikut:

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Situbondo

2 komentar:

  1. youtube - YouTube Search for “HERE'S ANALYSIS”
    youtube.com. youtube.com. youtube.com. youtube.com. youtube.com. youtube.com. youtube.youtube.com. youtube.com. YouTube.youtube. youtube downloader

    ReplyDelete
  2. Bally's - Live Dealer & Table Games - JTM Hub
    Bally's offers the best live 청주 출장샵 dealer casino experience anywhere in the US. The most popular table 충청북도 출장마사지 games available in 양주 출장마사지 our range 전라남도 출장안마 include 원주 출장안마 Blackjack, Roulette,

    ReplyDelete

Powered by Blogger.