Home » » Kopi Biji Buah Mengkudu

Kopi Biji Buah Mengkudu

Assalamu'alaikum wr wb
Setelah sebelumnya aku share ilmu tentang Manfaat Buah & Biji Mengkudu, kali ini aku share tentang cara membuat dan manfaat Kopi Bijih Buah Mengkudu.

Kopi Bijih Buah Mengkudu

Berikut ini akan di jelaskan secara urut tentang pengolahan biji mengkudu hingga menjadi kopi.
  1. Pemilihan Buah Mengkudu yang Berkualitas Tinggi
    Buah mengkudu yang berkualitas tinggi yaitu buah yang hampir matang berwarna mengkuning tetapi tidak cacat ataupun lunak.
  2. Pencucian Buah Mengkudu
    Buah mengkudu yang telah di petik dari pohonnya masih perlu di cuci karena pada kulit mengkudu tumbuh jamur-jamur kecil yang berbahaya bagi tubuh sehingga perlu di bersihkan sebelum di konsumsi.
  3. Pemotongan Buah Megkudu
    Buah mengkudu yang telah d cuci bersih kemudian akan masuk proses pemotongan buah mengkudu menjadi kecil-kecil secara rata.
  4. Penjemuran Buah Mengkudu
    Buah mengkudu yang telah di potong kecil-kecil selanjutnya tahap penjemuran dimana buah mengkudu di jemur ±2-3 hari sampai buah mengkudu menjadi berwarna hitam.
  5. Penyangraian Buah Mengkudu
    Setelah di jemur hingga berwarna hitam, buah mengkudu selanjutnya di sangrai(memasak tanpa minyak). Untuk mendapatkan aroma kopi yang enak, buah mengkudu di sangrai dengan wajan yang terbuat dari gerabah(tanah liat).
  6. Penumbukan Buah Mengkudu
    Buah mengkudu yang telah di sangrai dapat langsung di tumbuk dengan lesung(penumbuk). Pada saat itu juga hasil tumbukan buah mengkudu akan menjadi dua bagian yaitu hasil tumbukan biji dan hasil tumbukan daging buah mengkudu. Berikut ini bukti hasil penumbukan.
  7. Filtrasi Biji Mengkudu
    Proses ini untuk menyaring hasil tumbukan yang akan memisahkan partikel halus dan partikel kasar. Partikel yang halus dapat langsung di konsumsi sedangkan yang kasar perlu di tumbuk lagi hingga halus tidak tersisa(mubazzir). hehehe :D
  8. Kopi Biji Buah Mengkudu siap dinikmati
    Hasil tumbukan biji mengkudu dapat langsung di nikmati dengan campurkan sedikit jahe yang akan memberikan rasa yang lebih enak dan hangat bagi tubuh. ^_^
Selamat mencoba dan sampai jumpa ^_^

1 komentar:

  1. maaf yang dijemur biji dan buah langsung proses sangrai dan penumbukan biji mengkudu, proses pemisahan biji dan buah nya kapan ya ?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.